Friday, November 9, 2007

Kegiatan di Sekolah N & N

Kegiatan di Sekolahnya Nurfa n Nadya bulan Oktober lalu lumayan banyak yang outdoor diantaranya undokai (pertemuan Olahraga) , panen ubi, lalu acara ketemuan dengan o sumo san ( pesumo). Banyaknya kegiatan outdoor mungkin karena cuaca yang mulai adem n bersahabat ...
Acara undokai ini, kalo di Indonesia gak jauh kayak porseni kali yaaa....cuma bedanya disini anggota keluarga ikut terlibat juga, dari nenek kakek, ibu bapak dan kakak adik. Pokoknya keluarga lengkap semuanya ikut dalam permainan. Kebetulan juga acaranya memang diadain hari sabtu jadi keluarga bisa ikut hadir. Dalam undokai ini, kegiatan yang berlangsung diformat sedemikian rupa dengan mengutamakan aktifitas yang "rekreasional" menyangkut aspek bermain, belajar dan bergembira. Hal yang menarik yang bunda amatin dari acara ini ternyata hampir semua permainan yang ada melibatkan kerjasama/ team work. Anak-anak diajak untuk melakukan kerjasama kelompok lewat permainan, hiburan, penalaran, dan ketrampilan dari lomba lari, tebak gambar sampe senam. Ada perlombaan yang melibatkan kerjasama antar teman sekelas, kakak dan adik, ayah/bunda dan anak bahkan anak dan nenek/kakek. Luar biasa sekali......disitu tanpa disadari dikembangkan dan ditumbuhkan jiwa kerjasama pada anak-anak dari sejak dini. Trus yang uniknya .....di undokai ini semua anak jadi pemenang....maksudnya pada akhir acara semua dapet medali dan hadiah. Semua diapresiasi atas usaha dan kerja kerasnya saat lomba. Tidak ada anak yang kalah...semua anak bahagia saat pulang ke rumah.....termasuk Nurfa n Nadya. foto lengkap undokai bisa dilihat di slide.

Di minggu berikutnya, waktunya Nurfa n Nadya panen ubi yang sudah ditanam beberapa waktu yang lalu di perkebunan. Cuma ini tidak melibatkan keluarga....hanya anak-anak dan senseinya saja. Dari cerita Nurfa sih menyenangkan banget....mereka diajarin gimana caranya bertani....kalah deh bunda :(. Hasil panen ubi-nya dikemanain ya ??? ternyata ubinya direbus n di makan sama anak-anak jadi menu "cofee break" sore di sekolah. hehehe.....siap-siap nge-"bom" bareng aja tuch sekelas. Emang TOP banget deh, di tanam, di panen n dimakan sama mereka sendiri ... anak-anak umur 4 dan 5 tahun loh...sudah diajarin kayak begituan. Point/ hikmah nya buat N &N : untuk menikmati sesuatu itu perlu usaha dan kerja keras, teman-teman. Tidak semudah membalikan tangan dan tidak bim salabim semua yang kita mau bisa ada / diperoleh .BTW .....tiap minggu setahu bunda ..... didepan kelasnya Nurfa selalu disimpen satu jenis sayuran/ buah-buahan yang berganti-ganti dan dikasih nama. tujuannya mungkin supaya si anak kenal jenis-jenis nya yaaa. Hebat......jadi walaupun anak laki-laki...gak bakalan ketuker namanya kol sama selada......hehehe...tul gak??

Acara lainnya disekolah yaitu ketemu sama pesumo. kok bukan pebulutangkis ya??? kekekek....Tahu sendiri khan sumo itu salah satu jenis olahraga asli jepang. Dari ceritanya Nurfa n Nadya , mereka dikenalin sama o sumo san terus juga diajarin main sumo. Gimana cara berdirinya, adep-adepannya n aturannya.....trus pastinya mereka nyoba main sumo juga lawan o sumo san.....1 pesumo lawan 6-7 anak-anak. hasilnya kebayang khan ??? Tetep aja o sumo san tidak bergeming sedikitpun.....hehehe......coba lihat aja di foto, seumapama semut-semut mengerubungi gajah.....hiperbolik pisan nya......perumpamaannya bunda ini.

No comments: