Friday, July 27, 2007

Ampuhnya Peluk dan Cium Bunda


Musim panas kayak sekarang....dimana suhu mulai beranjak melewati 35 C di kyoto, bikin anak-anak susah banget makan apalagi yang namanya nasi. Gohan (Nasi) yang dibawa buat makan siang di Hoikuen hampir selalu bersisa kalo bunda cek saat pulang di sore hari.Kalo Nurfa n Nadya ditanya, alasannya "kenyang Bun... "(karena emang bawaannya pengen minum terus) ato "bunda sih bawa nasinya kebanyakan..." hiks hiks kayaknya ini gak bisa dibiarin gini aja, bisa-bisa ayah protes anaknya gak dikasih makan ...hehehe.

Bunda akhirnya mulai cari trik biar anak-anak mo abisin makannya terutama kalo di hoikuen. Triknya dimulai dari yang gampang aja, murah meriah...Bunda bilang...."mulai sekarang siapa yang makan di sekolahnya habis, pulang sekolah bakal dapet peluk n cium dari bunda 4 kali". hasilnya??? Surprise....sudah seminggu ini sejak aturan diberlakukan, nasi yang dibawa dari rumah selalu habis..bis..bis....Alhamdulilah. n Tiap sore masing-masing anak lapor bahwa makannya abis n nagih peluk ciumnya. gampaaaang......apa sih yang enggak bunda kasih buat bidadari-bidadari cantik yang hebat makannya?? ^_^.


Ampuhnya peluk cium buat bidadari kecil juga bunda terapkan untuk mengajak mereka sholat dan ngaji. dan itu juga cukup jitu,dengan ajakan satu dua kali aja mereka langsung pergi Wudlu n ambil mukena.Padahal sebelumnya kadang agak susah merayunya apalagi kalo ada acara kartun di TV...Taihen pokokke.harus pake ancaman...ntar gak di ajak jalan-jalan dech kalo gak mau sholat, baru mau. Ato harus nunggu ayahnya pulang, yang siap gendong mereka ke Kamar Mandi buat wudlu.walaah repot khan??. Dan Kayaknya ini bisa diterapkan buat yang lain juga....hehehe


Satu pelajaran buat Bunda ( walaupun secara teori sering denger n baca), bahwa untuk meminta anak melakukan sesuatu seperti yang kita harapkan sebenarnya tidak perlu ancaman ataupun ngomel-ngomel apalagi marah-marah, dengan memberikan "reward" kasih sayang seperti pelukan, ciuman buat mereka itu ternyata sudah cukup.Malah sangat ampuh..murah meriah n ikatan batin diantara kita makin kuat. Gak peduli deh berapa puluh ciuman sehari yang bunda kasih buat mereka...Obral-obral.... yang penting jadi anak sholeh bunda....


2 comments:

lia said...

Kira2 reward macam ini berlaku ga yah di SA....:D

Keluarga Suryanegara said...

hehehe......bukannya kalo di SA mendingan rewardnya duit jeng?? dijamiin dech pada gak mau pindah.