Sunday, May 4, 2008

Sanposhimasu bersama Sakaguchi San

Setelah seharian pergi jalan ke Fushimi Inari n Tofukuji , hari minggu tanggal 23 Maret jalan-jalannya dilanjut bersama temen ayah yaitu Sakaguchi San keliling kyoto, diantaranya Kinkakuji, Ginkakuji dan ke Biwako Shiga. Oya...sedikit cerita, Sakaguchi San ini temen ayah di perhimpunan Indonesia Jepang. Jalan-jalan mulu apa gak cape?? cape sebenarnya...cuman kita harus manfaatin waktu sebaik-baiknya selama emah disini. Soale bulan april , bunda dah masuk kerja dan ayah masuk program doktor jadi kayaknya sekarang memang waktu yang tepat buat ngajakin emah sight seeing Kyoto.

Jam 9 pagi Sakaguchi San dah jemput kita didepan apato dan tujuan kita pertama ke Kinkakuji Temple. Kinkakuji temple atau dikenal juga dengan "Golden pavilion" merupakan salah satu tempat wisata terkenal di Kyoto bahkan dikenal di jepang dan juga Luar negeri sebagai simbol dari "kitayama culture". Jadi istilahnya kalo dateng ke Kyoto, gak ke Kinkakuji kayaknya belum mantap n sah :). Masuk tempat wisata ini bayar 400 Yen untuk dewasa dan 300 Yen untuk anak-anak diatas 6 tahun. Waaah...ternyata saat nyampe kita surprised , buanyaaaak banged pengunjung yang dateng, antri kek mo ke gedung bioskop aja. Wajaar siih soale termasuk salah satu world Heritage culture versi UNESCO.

Yang paling unik dari Kinkakuji Temple adalah gedung yang dindingnya berlapiskan emas dan berdiri diatas danau. Emas beneran ternyata......Bunda kira cat warna emas hehehe. Kinkakuji ini asalnya hanya merupakan sebuah tempat peristirahatan yang dibangun oleh Ashikaga Yoshimitsu sekitar tahun 1300-an Masehi yang selanjutnya diubah jadi temple setelah beliau meninggal. . Terdiri dari 3 lantai, dimana lantai satu dengan style istana dulunya dipakai buat reception hall kalo ada pesta, kemudian lantai dua disebut sebagai samurai houses ato bahasa jepunnya Cho-on-do (Hall of Roaring Waves). Disini tempat Yoshimitsu menerima tamu khusus. Dan yang terakhir adalah tempat dimana tea ceremony bersama temen2 dekatnya Yoshimitsu dilakukan.

Dari gedung ini tidak semuanya berlapiskan emas tapi hanya dinding lantai 2 dan 3. tapiii...jangan nyangka kita bisa masuk Golden pavilion ini.....hehehe...semua dah dipagar bambu dan kita para pengunjung hanya diperbolehkan difoto dari kejauhan. walaupun gitu, banyak hal lain yang bisa dilihat disana diantaranya pemandangan yang cukup asri di kompleks tersebut. Beres muter n foto2 serta beli oleh2 kita lanjut ke Ginkakuji setelah sebelumnya kita sempetin makan siang dulu di resto.

Ginkakuji ini sebenarnya juga salah satu temple budha di Kyoto. Gin kan artinya perak. jadi wajar doong kalo bunda kirain...temple ini juga berlapiskan perak. Ternyata salah sodara-sodara......Templenya gak ada perak-peraknya sama sekali hehehe.....blasss. Dulunya sempet ada rencana dilapisin cuma tidak terealisasi katanya siiy....Memang Ginkakuji yang dibangun tahun 1400an ini dibuat karena terinspirasi oleh structure Kinkakuji makanya nama n model bangunannya nya juga mirip. Rada-rada kecewa pas kesana, soale dah masuk bayar, kita gak bisa lihat bangunannya karena lagi di renovasi dan usut punya usut baru beres tahun 2010 hihihi lama amir ya???. Kita langsung cabut lagi, lanjut jalan-jalan ke arah Shiga. Rencananya sih emah pengen lihat salju. karena berdasarkan info-info dinternet, dataran tinggi wilayah shiga bulan Maret ini masih ada salju. Cuman ternyata karena hari itu cerah dan hangat jadi kita hanya bisa lihat lelehan-lelehan salju. lumayan siyy buat emah....tak ada salju lelehannya pun jadilah hihihi. Kita sempet lihat2 biwako Shiga pake teropong setelah sebelumnya isi koin 100 yen-an....lumayan ngehibur nadya yang dari tadi selalu nempel terus sama ayah. Kemudian lanjut puter2 sepanjang biwako Shiga yang luas banget bayangkan aja...muter biwako kira2 2 jam-an pake mobil. waaah.....asyik banget pemandangannya...serasa di sidney..( kayak pernah kesana aja hehehe)...ada jembatan yang membelah danau gitu loh. ...Bunda serasa jadi nyi iteung sabakota...hahaha...

jalan-jalan berakhir sorehari dan kita dianter lagi pulang ke apato. Otsukaresamadeshita. Hontouni Arigatou Gozaimashita Sakaguchi San. Temen baik hati pokoke, dah ngajak jalan-jalan, antar jemput sampe apato lalu traktir makan pula plus ngasih oleh-oleh. Bener-bener hari yang menyenangkan .











No comments: